Senin, 14 November 2016

ASPEK PEMASARAN

ASPEK PEMASARAN
Aspek pemasaran merupakan faktor strtegis  atau kunci dari keberhasilan perusahaan, jika permintaan terhadap produk/ jasa yang dibuat kurang memadai seluruh kegiatanaspek-aspek yang lain tidak akan terwujud.
Jika propek permintaan terhadap permintaan produk lebih kecil dari peawarannya maka sitem produksi produk tersebut tidak layak dilaksanakan. Jika market space masih tersedia maka perlu diselidiki apakah pasar masih mampu menampung produk baru yang direncanakan.
Untuk mengetahui potensi permintaan dan penawaran terhadap suatu barang atau jasa, perlu dilakukan penelitian yang mendalamtentang perkembangan permintaan dan jumlah pemasoknya. Perkembangan permintaan dapat diduga melalui perubahan pendapatan, selera dan tingkah laku konsumen dalam membeli barang dan jasa tersebut.
1.1         SPESIFIKASI PRODUK/JASA
1.1.1      PRODUK
Barang adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, nama perusahaan dan pengecer, jasa perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhannya.
1.1.1.1   Barang konsumsi
1.       Penggolongan berdasarkan kecepatan konsumsi (rate of consumption) dan kekonkritannya (tangibility) terdiri dari:
·         Barang tahan lama, yaitu : barang kongkrit yang dapat dipergunakan berulang-ulang misalnya televisi, sepatu, mobil, dsb.
·         Barang tidak tahan lama, yaitu : barang kongkrit yang hanya dapat digunakan satu atau beberapa kali, misalnya daging, sabun, ikan, beras, dsb.
·         Jasa, yaitu : kegiatan manfaat atau kepuasan yang dijual, misalnya : pangkas rambut, dokter, dsb.
2.       Penggolongan berdasarkan kebiasaan membeli, konsumen yang mengorbankan sebagian waktu dan tenaga seminim mungkin, misalnya : kebutuhan dapur dsb
3.       Barang shopping, yaitu : barang-barang yang dibeli setelah terlebih dahulu membandingkan kecocokan, kualitas, harga dan modal antara barang-barang sejenis, misalnya pakain jadi, sepatu, perabot rumah tangga, dsb.
4.       Barang speciality, yaitu barang-barang yang mempunyai karakteristik yang unik, untuk kelompok pembeli tertentu yang bersedia melakukan usaha-usaha istimewa untuk mendapatkannya, misalnya : benda-benda kolektor, antik, dsb.
1.1.1.2   Barang Supermarket
1.       Departemen Food : semua makanan, khususnya snack
2.       Departemen Non Food : barang-barang selain makanan
3.       Departemen Household : perlengkapan rumah tangga
4.       Departemen Toys : sarana/barang khusus untuk anak-anak
5.       Stationary : semua peralatan tulis dan kantor seperti pensil, penghapus, penggaris, perlengkapan komputer, dan perlengkapan tik.
6.       Departemen Fashion :Produk fashion : sebuah produk yang mempunyai ciri-ciri khusus yang tepat dan mewakili style yang sedang tren dalam suatu kurun waktu tertentu.
7.       Departemen Fresh:Bagian dari supermarket yang menyediakan produk berupa bahan makanan yang masih segar ataupun yang sudah diolah dan memerlukan kondisi khusus, serta memiliki kadarluasa yang relatif singkat. Misalnya: sayuran (vegetable) , buah (fresh fruit) , daging (fresh meat) , produk susu, dan produk yang berasal dari susu (dairy milk), dan produk yang dibekukan.
8.       Barang Pecah Belah (GMS), Barang pecah belah ini adalah barang-barang yang sifatnya kelontongan : kaca cermin, sisir, kamoceng, gelas, piring, dsb.
1.1.2    JASA
Usaha yang dilakukan penjual untuk mempersamakan atau meneliti dan menetapkan barang/jasa mana yang sesungguhnya yang akan dibeli pelanggan adalah proses identifikasi. Proses identifikasi tersebut meliputi :
1.       Nama Barang-barang yang akan dipesan
2.       Mencek spesifikasi barang yang dipesan
3.       Mencek jumlah barang yang dibutuhkan
4.       Mencek kembali harga satuan barang
5.       Mencek kembali jumlah harga dari setiap unit barang yang dipesan
6.       Mencek jumlah keseluruhan harga yang harus dibayar pelanggan
7.       Memberikan cap dan tanda tangan/paraf sebagai pembuktian legalisasi pada faktur penjualan
8.       Memberikan slip faktur penjualan yang diperuntukkan bagi pembeli dan menyimpan yang diperuntukkan buat arsip.
1.2       SEGEMENTASI PRODUK/JASA
Segmentasi pasar merupakan pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik, ataupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu. Segmentasi pasar bisa juga diartikan sebagai pengidentifikasian analisis perbedaan para pembeli di pasar. BErikut adalah yang meleiputi segmentasi pasar :
1.       Bertujuan pada manfaat
2.       Manfaat penggunaan
3.       Manfaat psikologis
4.       Manfaat dalam mengatasi masalah
5.       Visualisasi produk
6.       Atribut dan keistimewaan produk
7.       Kualitas produk
8.       Corak produk
9.       Kemasan dan label produk
10.   Merk
11.   Menambah nilai produk
12.   Garansi
13.   Kemudahan Instalasi
14.   Pengiriman
15.   Ketersediaan di pasar
16.   Layanan purna jual
1.3       ANALISIS SITUASI PASAR
Analisis situasi pasar merupakan pengetahuan dan seni untuk memperkirakan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang pada saat sekarang. Penganalisis harus mencari data dan informasi masa lalu. Data dan informasi masa lalu merupakan perilaku yang terjadi di masa lalu dengan berbagai kondisi pada saat itu.
Kondisi yang menyebabkan perilaku data dan informasi tersebut bisa dijadikan acuan bagi kondisi sekarang dan di masa yang akan datang. Hal ini perlu dilakukan mengingat di masa yang akan datang penuh dengan ketidakpastian.
Untuk melakukan analisis permintaan di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.       Survei niat pembeli
2.       Gabungan pendapat tenaga penjual
3.       Pendapat ahli
4.       Metode tes pasar analisis deret waktu
5.       Analisis permintaan secara statistik.
Penyusunan analisis dapat dilakukan atas dasar, antara lain :
1.       Apa kata orang, penelitian atas pendapat pembeli, tenaga penjual, dan pendapat para ahli.
2.       Apa yang dilakukan orang, uji pasar, dan tanggapan pembeli.
3.       Apa yang telah dilakukan orang, perilaku pembeli dimasa lalu, dengan deret waktu atau analisis regresi.
1.4       ANALISIS PESAING
Pesaing adalah perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang/jasa yang sama atau mirip dengan produk yang kita tawarkan. Analisa pesaing adalah usaha mengedinfikasi ancaman, kesempatan atau permasalahan strategis yang terjadi akibat perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing. Analisa persaingan dimulai dengan pesaing umum dan selanjutnya pesaing potensional. Ada dua cara untuk mengidentifikasi pesaing umum, yaitu:
        Menguji perspektif pelanggan dalam membuat pilihan diantara para pesaing.
        Identifikasi dengan pendekatan yang berusaha menempatkan para pesaing kedalam kelompok-kelompok strategi dari dasar strategi persaingannya.
Dengan mengerti pesaing dan segala aktivitasnya dapat memberikan beberapa keunggulan yaitu :
        Dengan mengerti kekuatan dan kelemahan arus strategi pesaing itu dapat menawarkan kesempatan dan ancaman dan akan dapat menentukan respon baik
        Pengetahuan akan strategi kompetitif yang akan datang mungkin bisa memberikan proyeksi/prediksi dari ancaman dan kesematan.
        Sebuah keputusan tentang strategi alternatif bisa lebih mudah didapat dengan kemampuan meramal reaksi serupa dari pesaing kunci.
1.5       STRATEGI PROMOSI
Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terakhir. Dalam kegiatan ini perusahaan berusaha untuk mempromosikan seluruh produk atau jasa yang dimilikinya baik langsung maupun tidak langsung. Paling tidak ada empat macam sarana promosi yang digunakan oleh setiap perusahaan dalam mempromosikan baik produk maupun jasanya. Keempat macam sarana promosi itu adalah :
1.       Periklanan (advertising)
2.       Promosi penjualan (sales promotion)
3.       Publisitas (publicity)
4.       Penjualan pribadi (personal selling)
1.6       MEDIA PROMOSI BERBASIS TI
Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, sangat banyak media promosi yang dapat digunakan, terlebih dalam media sosial. selain media sosial juga terdapat media promosi lainnya, yaitu :
1.6.1    Website
Majunya media internet membuat website semakin diminati oleh masyarakat untuk mempromosikan produk bisnisnya. Melalui website, anda bisa mengiklankan produk bisnis lengkap dengan spesifikasi dan kelengkapan informasinya. Pada website, anda bisa mengiklankan atau mempromosikannya melalui website pribadi, yang memang sengaja dirancang khusus sebagai media promosi dari produk bisnis anda, ataupun website orang lain yang memiliki traffic yang cukup padat. Jika anda memilih website orang lain sebagai media promosi, anda dapat mengemas promosi dalam bentuk iklan yang muncul di halaman website orang lain tersebut.
1.6.2    Jejaring sosial
Maraknya media internet yang terus mengembangkan eksistensinya, membuat berbagai macam jejaring sosial menjadi sebuah media komunikasi yang tak kalah penting keberadaannya. Jejaring sosial kini menjadi efektif dalam mengkomunikasikan sesuatu baik yang sifatnya pribadi, umum, bahkan untuk kepentingan bisnis sekalipun. Anda dapat mempromosikan barang atau jasa yang anda tawarkan melalui jejaring sosial kepada khalayak umum lewat dunia maya, seperti melalui jejaring sosial Facebook, Instagram, Twitter, Blog, dan lain sebagainya.

Komentar :

Menurut saya, Aspek Pemasaran wajib ada di sebuah perusahaan karena aspek ini  salah satu yang terpenting untuk keberhasilan pada Perusahaan. dan beberapa hal yang mencakup dalam Aspek Pemasaran, terdiri atas spesifikasi produk barang / jasa, segmentasi produk barang / jasa, analisis situasi pasar, analisis pesaing, strategi promosi, dan media promosi berbasiskan IT.


Sumber:
https://raqheelcaze.wordpress.com/2012/11/09/spesifikasi-produk-dan-segmentasi-produk-aspek-pemasaran-1/
http://ciputrauceo.net/blog/2015/7/14/segmentasi-pasar-beserta-pengelompokan-dan-contoh
http://mascerdas.blogspot.co.id/2015/11/mengidentifikasi-spesifikasi-barang-dan.html
http://deasykhairunnisa.blogspot.co.id/2016/11/strategi-promosi-dan-media-promosi.html?view=flipcard
http://dhitaaa.blogspot.co.id/2012/11/aspek-pemasaran.html
http://juniskaefendi.blogspot.co.id/2014/06/makalah-study-kelayakan-bisnis-aspek.html
http://tugashamidanshori.blogspot.co.id/2016/03/makalah-aspek-pemasaran-dalam-studi.html

http://nonapurple-iniaqu.blogspot.co.id/2013/11/aspek-pemasaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar