LATAR BELAKANG GAME
Game/permainan adalah
sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti
“hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan
intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan
ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa
waktu lalu istilah “game” yang dalam bahasa Indonesia adalah “permainan”
identik dengan anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu
suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat
menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran,
kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan
sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang
terdapat di komputer, baik off line maupun online.
TEKNOLOGI GAME
Makin
berkembangnya perangkat teknologi ternyata juga merambah dunia lain selain
dunia telepon genggam. Salah satu hal yang mengalami pesatnya perkembangan
adalah dunia game. Tentunya masih segar di ingatan kita semua ketika game masih
berupa game watch yang dapat dibawa kemana-mana, kemudian berubah menjadi game
konsol, game online, dan kini menjamur game mobile dengan kualitas yang jauh
lebih baik dari game-game pendahulunya yang sejenis.
Akhir-akhir
ini strategy games, role-playing games dan game simulasi, walau tidak sebanyak
di PC game, sudah bisa didapatkan di video game. Awalnya, jika kita bermain
sendiri di PC atau komputer, yang menjadi lawan kita adalah komputer itu
sendiri. Tetapi dengan sistem jaringan (LAN: local area network), kita bisa
melawan orang lain pada komputer yang terpisah, yang lebih dikenal dengan
istilah multiplayer. Untuk dapat memainkannya, kita harus menghubungkan PC atau
komputer ke sekelompok PC lainyang saling terhubung. Multiplayer game ini bisa
dimainkan dengan jaringan lokal tanpa akses internet, tetapi bisa juga dengan
menggunakan akses internet. Multiplayer game yang tidak membutuhkan akses
internet disebut juga sebagai LAN game.
Video game
atau Console game adalah sebuah bentuk dari multimedia interaktif yang
digunakan untuk sarana hiburan. Game dimainkan dengan menggunakan sebuah alat
yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau
console. Alat yang digenggam tangan tadi dikenal dengan nama joystick. Isinya
adalah beberapa tombol-tombol sebagai kontrol arah maju, mundur, kiri dan
kanan, dimana fungsinya adalah untuk berinteraksi dan mengendalikan
gambar-gambar di layar pesawat televisi. Game juga biasanya dimainkan dengan
memasukan sebuah keping CD yang bisa diganti-ganti atau cartridge yang harus
dimasukkan ke dalam game console.
Video game
dengan console kini juga sudah berkembang pesat. Saat ini, pemain yang cukup
dominan adalah X-Box dari Microsoft dan PlayStation keluaran Sony. PlayStation
(PS) telah sukses dengan PSP-nya yang portable dan PS2 yang fenomenal karena
harganya yang cukup murah, sekitar Rp.1,5 juta. Saat ini di pelosok perumahan
umumnya terdapat rental PS2 yang bisa dimainkan dengan biaya berkisar hanya
Rp.1,500 per jam. PlayStation ini sendiri telah mengeluarkan versi baru, yaitu
PS3 dengan harga banderolyang masih mahal, Rp.7 juta-an per unit (pada
pertengahan 2007). Tidak diragukan lagi, tampilan dan akselerasinya jauh lebih
halus dan cepatdari generasi pendahulunya.
Para gamers
lama kelamaan menginginkan suatu permainan yang tidak saja dapat dimainkan oleh
2 orang, tapi juga bisa dimainkan secara massal dan bersamaan tanpa memandang
jarak misalnya antar daerah satu yang lainnya hingga menembus jarak antar
negara. PlayStation dan X-Box pun tampil sebagai sebuah console yang sudah bisa
dimainkan secara online.
Selain dari
console, game juga bisa dijalankan dari personal computer (PC) atau sering juga
disebut juga PC game. Game di PC tidak kalah menariknya dibanding dengan di
console.
BISNIS DALAM GAME KOMPUTER
Saat ini
perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game
berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para
pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat.
Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau
sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat
intelektual para penggunanya.
Aplikasi
games dapat dijalankan pada berbagai platform. Beberapa platform media yang
bisa dijadikan pilihan untuk advergames adalah :
1. Personal
Computer berupa aplikasi games pada PC. Games ini dijalankan pada personal
computer. Pada media Personal Computer, durasi waktu penayangan adalah tidak
terbatas, selama games tersebut bagus dan mampu menghibur audience/pemain, maka
selama itulah tingkat kemungkinan untuk dilihat audience akan semakin tinggi.
Pembuatan Games ini biasanya menggunakan Language C++ / C#, membutuhkan waktu
3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.
2. Web Based
Games. Yaitu aplikasi games yang diletakkan pada server di internet dimana
audience/pemain hanya perlu menggunakan akses internet dan browser untuk
mengakses games tersebut. Corporate yang memiliki keinginan mengumpulkan
komunitas internet dan sekaligus memperkenalkan product/brandnya kepada
komunitas Internet sangat cocok memilih media games online internet ini.
Pilihan ini banyak digunakan karena dapat meningkatkan traffic pada suatu
website Bila games yang dibutuhkan simple maka diperlukan waktu pengembangan
yang relative lebih singkat 1-2 bulan.
3.
SmartPhones/PocketPC. Aplikasi games yang jalan pada mobile devices bersistem
operasi Windows Mobile 2003/2004 ataupun windows mobile 5.0. Product yang
memiliki target market status ekonomi A,B dan karakter pengusaha/ eksekutif
muda sangat cocok apabila menggunakan media PocketPC/SmartPhones sebagai bagian
aktivitas kegiatan advertising. Games bertemakan strategi ataupun simulasi
bisnis pada umumnya lebih disukai oleh orang-orang golongan ini. Waktu
pengembangan biasanya memerlukan waktu 3-6 bulan tergantung dengan kompleksitas
games tersebut
4.CellPhones
/ Mobile Phones. Aplikasi games untuk cell-phones atau mobile phones sebenarnya
bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan potensial pelanggan dengan golongan Status
Ekonomi Responden A,B dan C. Produk yang memiliki target golongan ABG, remaja,
anak kuliah, eksekutif muda sangat tepat menggunakan media ini, mengingat pada
golongan inilah mereka suka sekali mencoba dan mengeksplorasi features aplikasi
yang tersedia pada mobile/cellphones mereka. Mereka biasanya aktif mencari
aplikasi bersifat fun atau game yang dapat mengisi waktu senggang mereka. Waktu
pengembangan untuk membuat aplikasi pada devices ini relative lebih pendek
yaitu 1-3 bulan tergantung dengan kompleksitas games tersebut.
Industri
game memang masih terbilang baru di Indonesia. Kendati begitu, perkembangannya
sudah sangat pesat dan menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Penyebab
utamanya adalah berkembangnya era teknologi dan komunikasi.
Perkembangan
ini terlihat dari banyaknya game center yang terus bermunculan, terutama yang
menyediakan jasa gameonline. Bukan tanpa alasan game online menjadi semakin marak
dan digandrungi, karena fasilitas online memungkinkan sebuah game dapat
dimainkan oleh 100 orang lebih secara bersama-sama dalam satu waktu.
3D GAME ENGINE
Game Engine adalah system
perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan
video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X.
Beberapa contoh jenis game engine :
1. Freeware game engine/open source game engine
·
Blender
·
Golden
T Game Engine (GTGE)
·
DXFramework
·
Ogre
·
Aleph
One
·
Axiom
Engine
·
Allegro
Library
·
Box2D
·
Build
Engine
·
Cube
·
Cube
2
·
DarkPlaces
·
jMonkeyEngine
(jME)
·
Panda3D
·
Sphere
2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
·
Alamo
·
A.L.I.V.E
·
BigWorld
·
DXStudio
·
Dunia
Engine
·
Euphoria
·
GameStudio
·
Jade
Engine
·
Jedi
·
Medusa
·
RPG
Maker VX
·
RPG
Maker XP
·
RPG
Maker 2003
·
RPG
Maker 95
·
Vision
Engine
http://www.plimbi.com/news/49821/teknologi-game
http://andriyanaade.blogspot.co.id/2015/04/teknologi-game-dan-bisnis-game-dalam.html
https://dwisaar.wordpress.com/2015/04/28/teknologi-game-dan-bisnis-game-dalam-game-komputer/
https://putrikero.wordpress.com/2010/03/17/game-engine/
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_game_engines
Tidak ada komentar:
Posting Komentar