Sabtu, 27 September 2014

Definisi New Media, Manfaat, dan Aplikasinya

Definisi New Media, Manfaat, dan Aplikasinya

Definisi New Media

Berbicara mengenai teknologi saat ini perkembangannya begitu pesat sehingga membuat orang sangat tergantung terhadap teknologi yang semakin canggih. Kebutuhannya pun beragam, mulai dari untuk membantu kehidupan sehari-hari yang simple dan sederhana sampai dengan menyelesaikan masalah ekstrim sekalipun.

Dalam teknologi dikenal pula istilah New Media yang di artikan sebagai Media Baru atau Perantara Baru dalam teknologi. New Media dikenal sebagai elemen-elemen yang mencakup kumpulan dari kemunculan teknologi digital, komputerisasi, jaringan informasi, dan teknologi komunikasi pada akhir abad ke - 20. Sebagian besar teknologi yang di gambarkan  sebagai New Media yaitu adalah teknologi digital yang berkarakteristik dimanipulasi, bersifat jaringan, interaktif, dan tidak memihak.


Pandangan New Media

Menurut Everett M.Rogers, perkembangan media komunikasi memilii empat era. Pertama, era komunikasi tulisan. Kedua, era komunikasi cetak. Ketiga, era telekomunikasi. Dan keempat, era komunikasi interaktif.
Menurut Ron Rice, media baru yaitu media telekomunikasi yang melibatkan komputer didalamnya yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna lainnya.
Menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distrbusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi semakin meningkat.

Dari penjelasan New Media diatas, New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.


Manfaat New Media

New Media memiliki berbagai manfaat :
  1. Arus informasi  yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja untuk saling bertukar informasi
  2. Sebagai Media transaksi jual beli
  3. Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
  4. Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
  5. Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis


Komponen New Media

Komponen dari new media yaitu :
  1. Internet & Web
  2. Personal Komputer (PC) / Notebook / Laptop
  3. DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
  4. VCDs (Compact Discs)
  5. Portable Media Player.
  6. Mobile Phone/ Smart Phone.
  7. Video Game/ Game Computer.
  8. Virtual Reality.


Contoh Aplikasi New Media

1. Search Engine
Google, Altavista, Yahoo, Bing, dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari informasi yang diinginkan dari bebrbagai macam sumber.


2. Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, instagram, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.


3. Online Shop
Produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui OLX.com, Berniaga.com, Blog, ataupun Kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.


4. Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer.com, televisi analog ataupun website website lain nya.


5. Berita dan Informasi
CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.



Sumber :


  • http://lhiasusan20.blogspot.com/2013/11/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html
  • http://bayyuaji.wordpress.com/2012/01/05/definisi-new-media-beserta-manfaat-dan-aplikasinya/
  • http://syarofiazamy.blogspot.com/2012/10/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html
  • http://syarofiazamy.blogspot.com/2012/10/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html
  • http://rimaciousrolemodelme.blogspot.com/2012/10/contoh-new-media.html
  • http://januar2527.blogspot.com/2012/10/definisi-dan-contoh-new-media.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar